Varian Dan Teknik Akutansi Yang Wajib Diketahui

Ada yang mengatakan bahwa akuntansi adalah pengalaman tertulis yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Akuntansi juga dapat dikatakan sebagai proses pencatatan, pengolahan, dan penyajian informasi keuangan kepada banyak pihak. Dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah proses pengukuran ekonomi suatu organisasi atau perusahaan, termasuk pendaftaran, klasifikasi, pelaporan dan interpretasi transaksi keuangan, dengan memperhatikan prinsip akuntabilitas.

Proses ini dapat disebut sebagai siklus akuntansi. Hasilnya dikomunikasikan kepada pihak internal dan eksternal. Secara keseluruhan, fungsi akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan sehingga perusahaan atau organisasi dapat mengevaluasi kualitas dan kinerja keuangannya.

Juga fungsi akuntansi untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, menghitung pajak, menentukan kegiatan perusahaan, dan menghitung laba rugi. Ada beberapa jenis akuntansi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Berikut adalah varian dan teknik akutansi yang wajib diketahui dan paling sering digunakan banyak orang :

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan jenis akuntansi yang paling dikenal oleh masyarakat umum. Pelaporan keuangan mencakup berbagai jenis catatan dan presentasi laporan keuangan untuk pemangku kepentingan seperti investor, direktur, manajemen, kreditur, dll.

Jenis akuntansi ini memiliki standar pelaporan yang berlaku untuk masyarakat umum, atau Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Oleh karena itu, setiap laporan siklus fiskal yang dihasilkan harus diselaraskan dengan SAK.

Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya merupakan salah satu jenis akuntansi yang memegang peranan penting dalam suatu perusahaan. Biasanya, akuntansi biaya digunakan untuk menentukan harga pokok atau harga jual semua biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Tujuannya adalah pendapatan penjualan.

Jenis akuntansi ini memberi Anda kendali atas perencanaan biaya operasional perusahaan Anda. Akuntansi biaya memudahkan bisnis untuk mengelola rencana biaya operasional mereka.

Akuntansi Bank

Seperti namanya, jenis akuntansi ini hanya digunakan oleh bank. Pada dasarnya, akuntansi perbankan tidak jauh berbeda dengan akuntansi keuangan, karena menangani siklus akuntansi untuk pelaporan pihak terkait secara bersama-sama.

Namun, dalam perbankan, pihak eksternal dan internal terlibat langsung dalam perbankan. Bank menggunakan akuntansi bank untuk mencatat laporan keuangan dan transaksi yang terjadi dalam suatu periode. Akibatnya, transaksi ini dicatat dalam bentuk akun terkelola.

Manajemen Akunting

Bayangkan jenis akuntansi yang menghasilkan dua informasi: informasi kuantitatif dan informasi kualitatif. Informasi kuantitatif meliputi laporan keuangan, sedangkan informasi kualitatif disajikan dalam bentuk laporan non keuangan dan tidak menggunakan siklus akuntansi.

Jenis akuntansi ini menciptakan laporan keuangan rahasia dan non-publik yang hanya dapat diakses oleh manajemen.

Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak dipakai untuk menentukan besarnya pajak perusahaan. Jenis akuntansi ini mencakup berbagai perhitungan pajak seperti PKP, PPh, PPN, dll. Akuntansi pajak dan laporan pengeluaran diperlukan bagi bisnis untuk merumuskan kebijakan pajak yang sudah di tetapkan.

Sebagai pelaku bisnis, penting untuk mengetahui jenis akuntansi yang tepat untuk perusahaan Anda. Oleh karena itu, pencatatan akuntansi harus akurat, akurat dan sistematis. Software akuntansi sangat mudah digunakan dan membantu Anda melacak laporan keuangan perusahaan Anda.

Dan tingkatkan efisiensi tim keuangan Anda dengan solusi akuntansi instan. Ini mencakup fitur-fitur seperti rekonsiliasi bank otomatis, laporan inventaris, faktur otomatis, catatan pengeluaran dan pendapatan, dan pembuatan laporan keuangan instan hingga 20 jenis.

Nah itu dia varian maupun jenis akuntansi yang wajib diketahui sebelum mengelola keungan perusahaan, semoga dapat diterapkan dan menjadi inspirasi anda yang membacanya sampai akhir, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share Post