Tips Memilih Software Akuntansi

Tips Memilih Software Akuntansi Dan Jenis Software Akuntansi

Pada awalnya, semua perhitungan yang relevan secara finansial harus dilakukan oleh seorang akuntan, tetapi saat ini banyak pekerjaan dapat dilakukan secara otomatis oleh software akuntansi. Software ini memiliki berbagai fitur yang membantu tim akuntansi dalam menghitung dan menyusun laporan keuangan perusahaan. Fungsi-fungsi seperti pembelian (utang usaha), penjualan (akun aktif), buku besar, penggajian, dan masalah keuangan perusahaan lainnya tersedia dalam software ini.

5 Jenis Software Akuntansi

Tips Memilih Software Akuntansi

1. Spreadsheet

Jenis software akuntansi yang paling sederhana dan paling dasar adalah spreadsheet. Spreadsheet adalah software berupa spreadsheet yang dapat digunakan untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan keuangan bisnis. Software ini juga dilengkapi dengan rumus matematika dan logika yang dapat menampilkan dan menghitung data secara otomatis berdasarkan rumus yang diberikan oleh pengguna.

2. Accounting Software Terinstall

Jenis software akuntansi yang kedua adalah software yang diinstal berupa aplikasi pada komputer pribadi seperti komputer atau laptop. Software jenis ini diyakini memiliki fitur yang lebih kuat daripada jenis spreadsheet. Selain itu, software aplikasi jenis ini juga dapat diakses secara offline di mana-mana, sehingga penggunaannya sangat fleksibel.

3. Accounting Software Cloud

Jenis software akuntansi yang ketiga adalah software berbasis cloud atau berupa website yang dapat diakses secara online. Software jenis ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan software akuntansi lainnya. Pertama, pengguna dapat mengakses software ini secara online tanpa menginstalnya terlebih dahulu. Kedua, pengguna juga tidak perlu membeli lisensi seperti software lain berupa aplikasi. Untuk menggunakan software ini, pengguna hanya perlu masuk ke situs web penyedia layanan dan semua fungsi dapat diakses dan digunakan.

Baca Juga Selanjutnya : Fungsi Fitur Lengkap Software Akuntansi

 

4. Accounting Software Database

Jenis software akuntansi selanjutnya adalah software berbasis database. Software ini cukup rumit dan membutuhkan biaya instalasi dan perawatan yang cukup tinggi. Bisnis membutuhkan konsultan dan insinyur sistem sebelum mereka dapat menjalankan dan menggunakan software seperti database.

5. Software Enterprise Resource Planning (ERP)

Terakhir adalah software akuntansi jenis Enterprise Resource Planning atau ERP. Jenis software ini memiliki fungsionalitas penuh yang dapat menangani hampir semua informasi keuangan dan manajemen secara bersamaan. Software jenis ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan besar nasional atau internasional dengan arus keuangan yang sangat kompleks. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan software jenis ini sangat tinggi dan pemasangannya membutuhkan tenaga ahli di bidangnya.

Tips Memilih Software Akuntansi

3 Tips Memilih Software Akuntansi Yang Benar

Saat ini sudah banyak website penyedia jasa akuntansi yang bertebaran di internet. Setiap software memiliki pro dan kontra. Bisnis perlu meninjaunya untuk mengetahui software mana yang terbaik untuk digunakan dalam bisnis mereka. Namun, masih ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan software akuntansi apapun, yaitu:

1. Tingkat Keamanan

Terlepas dari jenis software akuntansi yang Anda putuskan untuk digunakan, penting untuk mempertimbangkan tingkat keamanan yang ditawarkan software tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah kebocoran data keuangan perusahaan di kemudian hari.

2. Kemudahan Akses dan Fiturnya

Setiap software akuntansi memiliki fitur unggulannya masing-masing. Ini harus dipertimbangkan untuk mengevaluasi software mana yang memiliki fitur paling cocok untuk diterapkan di perusahaan. Juga, pastikan software mudah diakses sehingga Anda tidak akan kesulitan menyesuaikan dan menggunakannya nanti.

3. Memiliki Fungsi Pencadangan Data

Tips terakhir dalam memilih software akuntansi adalah dengan memperhatikan apakah software tersebut memiliki fungsi backup data atau tidak. Cadangan data berguna sebagai arsip perusahaan dan juga sebagai cadangan jika data Anda tiba-tiba hilang karena suatu alasan.

Share Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *