Penggunaan Invoice Dam Kwitansi Yang Tepat

Penggunaan Invoice Dam Kwitansi Yang Tepat

Istilah bill dan rekening tentu sudah kenal kembali untuk Anda. Ya, ke-2 nya sebagai bukti document transaksi bisnis yang penting untuk usaha. Faktur dan rekening dibutuhkan dalam pembukuan keuangan perusahaan sebagai bukti transaksi bisnis agar bertanggung jawab neraca keuangan perusahaan. Tentu saja saat lakukan transaksi Anda akan kerap menemui bermacam document yang dipakai sebagai bukti transaksi bisnis seperti voucer, invoice, voucer dan nota. Antara ke-4 document itu, beberapa orang yang bingung dengan 2 tipe document yakni invoice dan bill. Walau sebenarnya, mereka kerap menemui beberapa dokumen itu tiap hari.

Pengertian account (account) dan perannya

Pengertian invoice (invoice) ialah document yang diedarkan oleh perusahaan (penjual) dengan invoice yang perlu dibayarkan oleh customer. Peranan penagihan untuk perusahaan sebagai berikut ini:

  • Memberi info barang / layanan yang dibeli customer
  • Memberi info jumlah bill dan persyaratan pembayaran yang perlu dilaksanakan customer
  • Sebagai referensi yang syah bila barang / layanan yang tercantum pada invoice dipasarkan balik ke faksi lain
  • Sebagai rujukan yang benar saat menambah transaksi bisnis ke pembukuan keuangan perusahaan
  • Sebagai referensi bila terjadi kekeliruan pengangkutan barang sebagai penghitungan keseluruhan pembayaran.

Faktur berisi perincian berkenaan jumlah, harga, potongan harga, nomor faktur, pajak, jumlah pembayaran keseluruhan, tanggal faktur dan tanda-tangan penjual. Untuk bayar barang, faktur dikirimkan yang mengatakan jumlah yang perlu dibayarkan konsumen.

Penggunaan Invoice Dam Kwitansi Yang TepatFaktur umumnya dibikin rangkap tiga. Salinan pertama dikasih ke customer, salinan ke-2 diberi tanda tangan konsumen, selanjutnya tersimpan oleh penjual untuk selanjutnya dipakai sebagai tambahan faktur, sedang salinan ke-3 akan tersimpan di buku faktur.

Direktorat Jenderal Pajak sudah keluarkan keputusan yang mengharuskan tiap harus pajak membuat e-invoice (faktur elektronik) untuk menahan penyimpangan laporan pajak. Ketentuan ini berlaku semenjak 2014.

Peranan pengerjaan faktur

Sejumlah fitur pengerjaan faktur sebagai berikut ini:

  • Terhitung ketertinggalan pembayaran hingga konsumen setia mengetahui kapan harus bayar bill-nya
  • Tiap invoice mempunyai nomor rujukan yang lain hingga perusahaan tidak mempunyai invoice yang serupa.
  • Account (account) mempunyai type berlainan yang disamakan dengan keperluannya yang lain, sebagai berikut ini:

1. Faktur biasa

Faktur kerap dipakai dalam transaksi bisnis umum yang umumnya dituntaskan pada sebuah proses pembayaran.

2. Perkiraan

Faktur proforma memiliki sifat sementara (sementara), dikasih ke customer untuk pengangkutan barang keseluruhannya, karena barang yang diterima customer secara setahap atau terpisah. Saat semua barang yang dibeli oleh customer diterima, faktur pro forma akan ditukar dengan faktur biasa.

3. Faktur konsuler

Rekening konsuler dibikin khusus untuk perdagangan internasional (export-impor). Faktur ini menyaratkan validitas perwakilan negara pengimpor, yakni atase perdagangan, kantor konsuler, dan kedutaan besar negara pengimpor di negara pengekspor.

Pengertian hajatan dan peranan

Verifikasi itu sebagai bukti transaksi bisnis dan akseptasi beberapa uang untuk pembayaran barang / layanan. Sertifikat dibikin dan diberi tanda tangan oleh penjual, lalu ditransfer ke konsumen yang bayar.

Faktur berperan sebagai bukti transaksi bisnis yang syah dan transfer jumlah dari konsumen ke penjual, dan diberi tanda tangan oleh penjual yang terima jumlah itu sesudah diterima.

Karakter account itu sebagai berikut ini:

  • Ini terdiri dari 2 sisi yakni subkomputer kanan dan kiri. Podkanan (cetakan kecil) dikasih ke penjual sebagai bukti pembayaran sudah diterima, selanjutnya sub kiri dikasih ke konsumen
  • Document duplikat dengan warna berlainan. Masing-masing faksi terima bukti pembayaran
  • Info tercatat yang komplet dari kedua pihak, diantaranya info produk, jumlah yang perlu dibayarkan, alamat dan tanggal pembelian, dan nama dan tanda-tangan penjual sebagai bukti yang syah jika kedua pihak sudah melakukan transaksi bisnis pembayaran.
Share Post

2 thoughts on “Penggunaan Invoice Dam Kwitansi Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *