Akuntansi Forensik

Bisnis saat ini tidak sama dengan sebelumnya. Gagasan baru datang dan pergi, dan konsep bisnis terus berkembang menuju tujuan ekonomi yang lebih baik. Sebagai hasil dari perkembangan bisnis, sejumlah bidang khusus dalam akuntansi telah berkembang. Salah satu tren terbaru adalah akuntansi forensik.

Artikel ini memberikan informasi tentang bidang yang dibedakan ini. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari definisi akuntansi forensik, gaji dan peluang kerja, gelar, dan sertifikasi terkait.

Apa itu Akuntansi Forensik?

Anda telah menemukan dua istilah sebelumnya, setidaknya secara terpisah; dan Anda tidak pernah membayangkan bahwa mereka dapat diletakkan di samping satu sama lain. Agak aneh ketika Anda memikirkan penyelidik swasta di TKP yang semuanya memegang kalkulator alih-alih kaca pembesar dan kamera. Dan bahkan aneh melihat seorang pembukuan berusaha menyiapkan laporan keuangan triwulanan dengan pisau dan sarung tangan elastis! Nah, istilahnya tidak terlalu merepotkan.

Istilah “forensik” berarti “yang berkaitan dengan pengadilan atau perselisihan publik” atau “cocok untuk digunakan di pengadilan”. Akuntansi forensik melibatkan penggunaan keahlian akuntansi di pengadilan dan kasus-kasus litigasi, penyelidikan penipuan, klaim dan penyelesaian sengketa, dan bidang-bidang lain yang melibatkan masalah hukum.

Berbeda dengan pengaturan forensik dramatis populer yang berfokus pada ekstraksi DNA dan perhitungan lintasan peluru, akuntansi akuntansi forensik berkaitan dengan kejahatan finansial dan korporasi seperti penipuan.

Apa yang Dilakukan Akuntan Forensik

Karena kasus-kasus kejahatan terkait penipuan dan keuangan baru-baru ini, kebutuhan untuk pencegahan dan deteksi penipuan telah diintensifkan. Inilah sebabnya akuntansi forensik terus menikmati popularitas yang meningkat pesat di dunia bisnis dan keuangan.

Akuntan forensik melakukan dua jenis layanan utama: investigasi dan dukungan litigasi. Investigasi melibatkan pemeriksaan bukti potensial dan aktual yang dapat menyarankan keberadaan kegiatan penipuan dan informasi terkait yang terkait di dalamnya.

Baca juga : Apakah Akuntansi Pilihan Karir Yang Baik

Dalam dukungan litigasi, akuntan forensik memberikan bantuan dalam kasus tertentu, terutama terkait dengan perhitungan atau estimasi kerusakan ekonomi dan masalah terkait. Akuntan forensik juga menghadirkan bukti dan bertindak sebagai saksi ahli di ruang sidang di mana mereka memberikan poin berharga yang berguna dalam memutuskan penipuan dan kasus terkait.

Karena keahlian yang dirasakan dan nilai yang ditempatkan oleh masyarakat untuk akuntan forensik, entitas bisnis mencari layanan konsultasi dan konsultasi.

Akuntan forensik terampil dalam seluk beluk skema penipuan. Mereka dapat dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan investigasi dan memberikan rekomendasi untuk mengurangi kemungkinan kegiatan penipuan terjadi. Akuntan forensik juga bekerja dengan insiden kelalaian, kebangkrutan, kontrak, dan kasus-kasus lain yang melibatkan pemulihan kerusakan.

Cara Menjadi Akuntan Forensik

Karena semakin populernya bidang ini, banyak sekolah sekarang menawarkan gelar dan program pelatihan yang berkaitan dengan akuntansi forensik. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin menjadi akuntan forensik adalah mendapatkan gelar sarjana dalam bidang akuntansi. Kursus akuntansi forensik biasanya ditawarkan di tingkat magister.

Sertifikasi akuntansi di bidang akuntansi forensik akan membantu Anda membangun nilai dan pengakuan di masyarakat. Memegang sertifikasi membuktikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk melakukan layanan di bidang tersebut. Beberapa sertifikasi akuntansi tersedia untuk akuntan forensik.

Pekerjaan dan Gaji Akuntansi Forensik

Akuntansi forensik dipuji sebagai salah satu karir yang paling cepat berkembang saat ini; mungkin yang tercepat dalam profesi akuntansi.

Akuntan forensik disewa oleh pengusaha swasta dan publik yang ingin memanfaatkan layanan mereka yang berharga. Instansi pemerintah mempekerjakan FA untuk membantu mereka dalam menyelesaikan penyimpangan keuangan dalam sistem mereka. Sektor penelitian dan akademisi juga menuntut pengetahuan mereka dalam bidang khusus tersebut.

Memiliki latar belakang dalam akuntansi forensik menghadapkan akuntan ke lensa yang lebih luas di cakrawala akuntansi. Ini memberikan kualifikasi nilai tambah yang berguna terutama bagi mereka yang berada di posisi level manajemen dan departemen penasihat. Gaji rata-rata akuntan forensik di AS adalah sekitar $ 75.000 dengan banyak menghasilkan lebih dari $ 100.000 per tahun. Gaji tahunan enam digit tidak jarang dalam jenis spesialisasi ini. Gaji awal akuntan forensik berkisar dari $ 30.000 hingga $ 60.000 per tahun.

Share Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *