6 Perangkat Lunak Akuntansi Gratis Terbaik untuk Usaha Kecil

Perangkat lunak akuntansi gratis mungkin tampak seperti mitos — pada kenyataannya, banyak pilihan perangkat lunak akuntansi bisnis yang mengatakan bahwa mereka bebas menagih Anda dalam beberapa bentuk atau cara, apakah mereka mengharuskan Anda meningkatkan versi untuk beberapa fitur penting atau mengharuskan Anda membayar untuk pemasangan .

Saat mencari perangkat lunak gratis untuk bisnis kecil Anda, pastikan untuk mengetahui dengan tepat berapa biaya yang mungkin ditimbulkan setiap opsi. Kami telah menyusun beberapa opsi perangkat lunak akuntansi terbaik yang sebenarnya gratis. Tentu saja, sebagian besar opsi ini akan menyertakan versi dan add-on yang dikenakan biaya, tetapi versi paling mendasarnya akan sepenuhnya gratis:

1. Wave

Perangkat lunak akuntansi gratis teratas yang perlu dipertimbangkan sejak awal pencarian Anda adalah perangkat lunak akuntansi Gelombang. Melalui opsi ini, Anda akan dapat menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tanpa batas ke buku-buku Anda. Anda juga dapat menambahkan pelacakan pendapatan tanpa batas, pelacakan pengeluaran, dan kolaborator tamu gratis. Selain itu, Anda juga dapat menagih dan memindai tanda terima secara gratis.

Namun, pastikan untuk mencatat: Jika Anda ingin pelanggan yang ditagih dapat membayar secara online langsung melalui faktur, Anda harus membayar untuk itu. Wave akan membebankan biaya 2,9% + $ 0,30 untuk setiap pembayaran kartu kredit dan 1% (dengan minimum $ 1) untuk setiap pembayaran ACH. Anda juga harus membayar untuk penggajian melalui Wave. Bergantung pada tempat Anda berbisnis, Anda akan membayar biaya dasar bulanan sebesar $ 35 atau $ 20, ditambah $ 4 per karyawan dan kontraktor dalam daftar gaji Anda.

2. ZipBooks

Perangkat lunak teratas lainnya, yang gratis, untuk dipertimbangkan oleh usaha kecil adalah ZipBooks. ZipBooks menawarkan semua fitur penting dari perangkat lunak akuntansi — laporan, sinkronisasi bank, penagihan, manajemen pengeluaran, dan faktur — semuanya dalam satu akun gratis.

Jika Anda ingin menawarkan pembayaran online kepada pelanggan yang ditagih melalui ZipBooks, Anda harus melakukannya melalui Square atau PayPal. Anda akan membayar tarif PayPal standar dan tarif Square untuk transaksi tersebut.

ZipBooks menawarkan opsi tambahan penggajian terintegrasi dengan Gusto. Gusto mulai dari $ 39 per bulan, ditambah $ 6 per orang per bulan. Untuk waktu yang terbatas, Anda bisa mendapatkan paket Core dengan harga diskon dari biaya dasar $ 19 bulanan selama 6 bulan pertama.

3. Akaunting

Anda juga harus mempertimbangkan perangkat lunak akuntansi gratis yang disebut Akaunting. Opsi ini menawarkan banyak fitur yang paling penting yang seharusnya dimiliki oleh perangkat lunak akuntansi bisnis kecil. Dalam teknologi ini, Anda dapat menagih, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, menyiapkan tagihan berulang, mengelola pelanggan, dan mengelola vendor. Namun, untuk mengakses fitur yang lebih canggih seperti pembayaran online, misalnya, Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga yang akan membebani Anda biaya tahunan di atas biaya apa pun yang harus Anda bayarkan untuk akun pihak ketiga ini.

Singkatnya, membuat akun Akaunting tidak akan dikenakan biaya apa pun, tetapi saat Anda menavigasi perangkat lunak ini, Anda akan menyadari bahwa semua kemampuan yang Anda harapkan siap digunakan akan bergantung pada pembelian Anda oleh pihak ketiga ini. aplikasi.

4. SlickPie

Perangkat lunak akuntansi gratis SlickPie juga layak digunakan untuk keuangan usaha kecil Anda. Versi gratis dari perangkat lunak akuntansi ini memungkinkan entri penerimaan otomatis tak terbatas, 10 perusahaan berbeda di satu akun, dan dukungan email. Ini juga memungkinkan Anda membuat kutipan dan taksiran yang dapat dengan mudah menjadi faktur profesional. SlickPie juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan akun PayPal dan Stripe Anda secara gratis. Itu berarti pelanggan akan dapat memenuhi faktur mereka dengan pembayaran kartu atau PayPal online — dan Anda hanya perlu membayar biaya transaksi standar yang dibebankan oleh PayPal dan Stripe.

Salah satu fitur yang kurang dimiliki oleh perangkat lunak akuntansi gratis ini adalah laporan — situs web SlickPie tidak menyoroti kemampuan pelaporan bawaan apa pun. Jika Anda berharap untuk menggali wawasan berharga dan tingkat tinggi dari perangkat lunak akuntansi Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi selain SlickPie.

5. GnuCash

Jika Anda mencari perangkat lunak akuntansi desktop gratis untuk bisnis kecil Anda, maka GnuCash adalah pesaing yang kuat. Untuk mengakses opsi perangkat lunak akuntansi gratis ini, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke situs GnuCash dan mengunduhnya secara gratis — sesederhana itu. Meskipun GnuCash berfungsi ganda sebagai perangkat lunak akuntansi bisnis pribadi dan kecil, GnuCash menawarkan fitur spesifik bisnis kecil pelacakan pelanggan dan vendor, penetapan biaya pekerjaan, dan pembuatan faktur.

6. CloudBooks

Dengan versi gratis perangkat lunak akuntansi CloudBooks, Anda akan dapat menambahkan pengguna tanpa batas, membuat faktur, membuat proyek, melakukan pelacakan waktu terintegrasi, melacak pengeluaran, dan memberikan perkiraan. Oleh karena itu, Anda harus memutakhirkan dari versi gratis — dan membayar setidaknya $ 10 per bulan — untuk dapat mengirim lebih dari lima faktur per bulan, merek faktur Anda, dan menawarkan pembayaran online pada faktur Anda.

Share Post